Memoles mobil sering kali dilupakan, padahal langkah perawatan ini sangat penting untuk mobil Anda. Memang betul mencuci mobil itu penting, namun langkah memoles mobil juga tak kalah pentingnya untuk menjaga kondisi cat mobil tetap prima. Memoles mobil bisa dilakukan sendiri di rumah cukup menggunakan pasta poles yang tidak bersifat mengikis agar tidak merusak lapisan pelindung cat mobil.

Cara mengkilapkan cat mobil memang membutuhkan ketelatenan dan disiplin. Ada dua tips cara mengkilapkan cat mobil yang bisa Anda lakukan di rumah, yaitu dengan pasta poles dan wax mobil. Kedua perawatan ini menggunakan produk berbeda yang berbeda fungsi. Ketahui perbedaannya agar Anda bisa merawat mobil secara benar. Berikut ini perbedaan keduanya:

Pasta poles berfungsi untuk:

  • Mengilapkan kembali cat yang kusam akibat kotoran yang membandel yang tidak bisa dihilangkan hanya dengan mencuci mobil.
  • Mengangkat cat yang teroksidasi.
  • Menyamarkan goresan ringan pada cat mobil.
  • Sebagai kondisioner bagi cat agar tidak kering, retak, dan mengelupas.

Wax berfungsi memberi lapisan perlindungan pada cat sehingga cat awet dan lebih tahan di segala cuaca. Karena fungsi yang berbeda, poles mobil biasanya digunakan sebelum wax. Meski keduanya tidak perlu dipakai setiap usai mencuci mobil, pemakaian setiap beberapa bulan sekali sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi cat.

Berikut ini beberapa cara mengkilapkan cat mobil yang bisa anda lakukan untuk merawat cat mobil anda agar tetap mengkilap setiap waktu.

  1. Hindari mobil anda terkena air hujan terus menerus. Jika mobil anda terkena air hujan, sebaiknya segera anda keringkan sehingga tidak menimbulkan tumbuhnya jamur yang dapat membuat cat menjadi kusam dan tidak lagi mengkilap.
  2. Sebisa mungkin jauhkan mobil anda dari debu-debu yang ada di sekitar. Debu dan kotoran yang menempel dapat membuat bodi mobil menjadi tergores hingga menimbulkan baret. Jika terdapat debu yang menempel, sesegera mungkin untuk untuk memmbersihkannya. Bersihkan debu dengan menggunakan air agar tidak menimbulkan goresan-goresan pada bodi mobil.
  3. Biasanya banyak pemilik mobil yang menggunakan cover mobil untuk melindungi mobil mereka. Namun jangan menggunakan cover pada saat kondisi mobil terkena matahari langsung karena hal ini dapat membuat lembab sehingga timbul jamur-jamur pada bodi mobil. Akan lebih baik jika anda menggunakan cover pada saat kondisi sekitar sudah dingin ataupun pada malam hari
  4. Jangan menggunakan bahan cover yang dapat ditembus dengan air. Bila anda menggunakan cover dengan bahan seperti itu dan tidak segera dibuka maka tentunya akan menimbulkan jamur pada cat mobil anda.
  5. Hindari memarkirkan mobil di bawah pohon yang rindang. Memang sebaiknya mobil anda diletakkan di tempat-tempat yang teduh, namun anda juga perlu memperhatikan posisi dari tempat tersebut. Jika anda meletakkannya dibawah pohon bisa saja kotoran burung ataupun serangga dapat menempel pada mobil anda. Kotoran yang menempel membuat cat menjadi rusak dan kusam.
  6. Hindari penggunaan cat, obat, shampoo dan apapun yang terkait dengan perawatan mobil yang mengandung bahan-bahan yang dapat mengikis permukaan car mobil anda.
  7. Hindari hal-hal yang dapat merusak cat mobil seperti pada saat pengisian air aki ataupun oli rem. Kedua bahan ini sangat berbahaya bagi cat mobil anda

Tidak perlu khawatir karena Anda dapat langsung membersihkan cat mobil dengan cepat dengan menggunakan produk-produk berikut ini yang efektif dalam membersihkan cat mobil Anda.

Cara Mengkilapkan Mobil “Kizz Clear R Light Color”

Untuk perlindungan dan mengkilapkan bodi mobil serta menghilangkan goresan akibat salah pencucian.

Cara Pemakaian:

  1. Cucilah mobil dari debu dan kotoran tanah lalu bilaslah denga air.
  2. Dalam keadaan tidak panas, bersihkan debu yang masih tersisa.
  3. Harap menggunakan spons yang bersih, tambahkan sedikir cairan, kira – kira dalam lingkup 50 cm persegi gerakan dari garis tegak ke horizontal ulang – alik, berkali – kali dioleskan pada permukaan. Bila spons sudah kotor, gunakan spons cadangan yang satu lagi.
  4. Sebelum mengering, segera di lap dengan kain lembut.

Cara Mengkilapkan Cat Mobil “Surface Smoother 300 gram”

Merupakan clay yang berguna untuk mengangkat serbuk besi, sisa cat atau lontaran aspal tanpa merusak cat mobil. Serta mengembalikan kelembutan pada badan mobil.

Keistimewaan:

  • Merupakan clay yang berguna untuk mengangkat serbuk besi, sisa cat atau lontaran aspal tanpa merusak cat mobil, serta mengembalikan kelembutan pada permukaan badan mobil anda. Harap gunakan produk ini sebelum pengaplikasian wax atau coating.
  • Produk ini dapat digunakan untuk semua jenis warna cat kendaraan.

Cara Pemakaian:

  1. Sebelum penggunaan, cuci kendaraan terlebih dahulu untuk menghilangkan debu, pasir atau kotoran lainnya.
  2. Sebelum menggunakan Surface Smoother ini pada bagian permukaan mobil, harap diremas-remas hingga menjadi lebih lembut.
  3. Gosokkan dengan ringan pada bodi mobil seraya membasahi daerah yang hendak digosokkan tersebut dengan air bersih.
  4. Serbuk besi pada permukaan cat mobil tidak tampak oleh kasak mata, tapi dengan tangan bisa dirasakan permukaan yang tidak merata (menggerigi).
  5. Jika permukaan Surface Smoother sudah terlihat kotor, lipatkan bagian kotor ke dalam sehingga bagian bersih tampak kembali untuk dilanjutkan pemakaiannya.
  6. Bisa dipakai berulang-kali hingga seluruh permukaan Surface Smoother menjadi kotor.

* Harap menggunakan produk ini sebelum pengaplikasian wax atau coating.

Cara Mengkilapkan Cat Mobil “Quick Coat Spray Wtr Repellent”

Bahan coating anti air untuk permukaan badan kendaraan anda selama 2 bulan.

Kegunaan :

Bahan coating anti air untuk permukaan badan kendaraan anda selama 2 bulan.

Keistimewaan:

  • Mengeringkan air pada permukaan kendaraan dalam sekejap.
  • Terbuat dari micro-fiber, dapat digunakan pada permukaan kendaraan dalam keadaan basah
  • Bisa dipakai untuk semua warna kendaraan dengan daya tahan selama 2 bulan

Cara pemakaian:

  1. Kocok kemasan sebelum digunakan, gunakan hanya pada bodi kendaraan.
  2. Lakukan penyemprotan dari atas (roof) ke arah bodi, dalam keadaan permukaan basah.
  3. Tidak akan menimbulkan kusam pada kaca.
  4. Supaya penyemprotan merata, lakukan dari jarak kira-kira 30 cm
  5. Lama penyemprotan adalah 5 ~ 10 detik untuk bagian kap mobil.
  6. Setelah penyemprotan selesai, bilas dengan air. Tidak perlu menggunakan spons, karena air akan langsung mengering.
  7. Keringkan sisa-sisa air jika ada, dengan lap khusus yang tersedia di dalam kemasan produk.

Demikianlah cara mengkilapkan cat mobil yang telah kami rangkum untuk anda, semoga bermanfaat. Order via wa > Call / WA +62 812-9223-8091Cara mengkilapkan cat mobil” secara cepat dan efektif.