Cara kilapkan Cat Mobil

Memiliki mobil yang kusam memang tidak enak untuk dipandang, apalagi jika mobil tersebut sudah tua dan kusam. Karenanya banyak pemilik mobil mencari cara mengkilapkan cat mobil supaya cat yang kusam bisa tampak kinclong lagi nampak seperti baru. Ada cara instan yang bisa di tempuh, ada juga cara yang membutuhkan ketekunan karena harus rutin untuk dilakukan.

Mobil kusam biasanya penyebabnya karena kurang perawatan saja. Walaupun faktor terpapar sinar matahari, debu, hujan dan kondisi “tidak baik” lainnya turut mempercepat proses kusam cat body mobil, tapi dengan perawatan yang baik dan rutin bisa jauh memperlambah proses kusam sebuat cat mobil.

Salah satu hal yang sangat mempengaruhi penampilan dari mobil Anda adalah dengan menggunakan cat mobil. Kondisi cat mobil yang masih baru tentunya masih dalam keadaan yang masih mengkilap. Namun seiring dengan berjalannya waktu tentunya kondisi cat mobil ini bisa memudar. Banyak hal ataupun kebiasaan anda yang dapat membuat kondisi cat menjadi kusam ataupun kurang mengkilap, antara lain adalah:

  • Kotoran binatang yang menempel pada bodi mobil
  • Polusi udara
  • Pemoles mobil yang bahannya menggunakan abrasive
  • Garam
  • Mencuci mobil dengan menggunakan ari panas
  • Dan masih banyak penyebab lainnya.

Bila anda ingin membuat cat mobil anda terlihat mengkilap, maka cara mengkilapkan cat mobil yang perlu anda lakukan pertama kali adalah dengan mengetahui tipe dan jenis cat mobil yang anda gunakan nantinya. Dengan mengetahui hal ini, anda dapat mengetahui produk perawatan mana yang cocok untuk jenis mobil yang anda gunakan. Pada dasarnya, tipe cat mobil yang digunakan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu antara lain:

  1. Nitro Celulose (NC)

Jenis cat ini biasanya digunakan pada mobil lama keluaran tahun 80an. Tipe cat ini biasanya memang tidak stabil pada warna serta kilap nya sehingga anda harus rajin-rajin untuk memolesnya. Jika mobil anda menggunakan jenis cat ini, maka anda perlu merawatnya dengan cara mengkilapkan cat mobil menggunakan obat poles yang berbahan dasar silikon.

  1. Nitro Celulose Modified

Jenis cat lainnya yaitu NC Modified ini biasanya digunakan pada mobil-mobil keluaran lama juga tahun 90an. Sebenarnya bahan dasar dari cat mobil ini hampir sama dengan jenis NC biasanya, namun pada NC Modified sudah terdapat bahan tamabahan yaitu ada bahan hardener yang membuat warna cat menjadi lebih kuat dan pekat. Untuk perawatan yang tepat, anda dapat menggunakan bahan yang sama yang digunakan pada jenis NC dalam jenis yang biasa.

  1. Polyurethane (PU)

Jenis cat ini biasanya digunakan pada mobil-mobil yang dikeluarkan baru pada tahun 2000 ke atas. Salah satu keunggulan dari jenis cat ini adalah daya tahannya yang lebih tinggi dibandingkan jenis cat-cat sebelumnya yang lebih lama. Untuk merawat cat mobil ini akan lebih baik jika tidak menggunakan bahan-bahan dengan bahan dasar silikon, namun sangat dianjurkan untuk menggunakan bahan perawatan lain yang berdasar organik. Bahan yang paling cocok digunakan salah satunya adalah bahan carnauba. Namun banyak pula pilihan produk lainnya yang bermacam-macam bisa anda gunakan, namun yang pasti jangan sampai produk perawatan yang anda gunakan berbahan dasar silikon.

Tidak perlu khawatir karena Anda dapat langsung membersihkan cat mobil dengan cepat dengan menggunakan produk-produk berikut ini yang efektif dalam membersihkan cat mobil Anda.

Cara Mengkilapkan Cat Mobil “Dark & Black Wax 300g”

Bahan wax untuk melindungi dan mengkilapkan kendaraan.

Kegunaan:

Dark & Black Wax menciptakan lapisan pelindung yang tahan lama yang memunculkan kilau mendalam warna dark solid seperti hitam, biru, dan coklat.

Keistemewaan:

  • Terbuat dari natural Carnabau, wax untuk kendaraan warna gelap yang dapat melindungi lapisan cat dari kerusakan akibat water spot, ultra violet dan hujan asam.
  • Berbentuk pasta sehingga memberikan perlindungan dan daya tolak air yg lebih lama dan merata, walau dalam kondisi cuaca panas wax tidak mudah melunak sehingga aman dari debu atau kotoran.

Cara Pemakaian:

* Pastikan bahwa warna mobil Anda sesuai dengan produk ini

* Cuci mobil anda dari pasir, debu, dan kotoran, dan seka setiap tetes air yang tersisa dari permukaan mobil.

  1. Ambil wax secukupnya dan sebarkan secara merata ke badan mobil dengan spons yang disertakan.
  2. Gosokkan lebih kuat untuk menghilangkan noda membandel seperti lumpur, tar, dan pitch.
  3. Setelah permukaan mengering (5-10 menit), bersihkan dengan handuk bersih dan lembut.
  4. Pastikan tidak ada wax tersisa, karena dapat menyebabkan bintik-bintik atau ketidakrataan wax.
  5. Pastikan untuk menyelesaikan seluruh proses. Jika belum selesai, dapat menyebabkan bintik-bintik atau ketidakrataan.
  6. Tutup wadah kaleng dengan rapat untuk mencegah wax dari penguapan. Juga cuci tangan Anda dengan sabun setelah itu.

Cara Mengkilapkan Cat Mobil “Surface Smoother 300 gram”

Merupakan clay yang berguna untuk mengangkat serbuk besi, sisa cat atau lontaran aspal tanpa merusak cat mobil. Serta mengembalikan kelembutan pada badan mobil.

Keistimewaan:

  • Merupakan clay yang berguna untuk mengangkat serbuk besi, sisa cat atau lontaran aspal tanpa merusak cat mobil, serta mengembalikan kelembutan pada permukaan badan mobil anda. Harap gunakan produk ini sebelum pengaplikasian wax atau coating.
  • Produk ini dapat digunakan untuk semua jenis warna cat kendaraan.

Cara Pemakaian:

  1. Sebelum penggunaan, cuci kendaraan terlebih dahulu untuk menghilangkan debu, pasir atau kotoran lainnya.
  2. Sebelum menggunakan Surface Smoother ini pada bagian permukaan mobil, harap diremas-remas hingga menjadi lebih lembut.
  3. Gosokkan dengan ringan pada bodi mobil seraya membasahi daerah yang hendak digosokkan tersebut dengan air bersih.
  4. Serbuk besi pada permukaan cat mobil tidak tampak oleh kasak mata, tapi dengan tangan bisa dirasakan permukaan yang tidak merata (menggerigi).
  5. Jika permukaan Surface Smoother sudah terlihat kotor, lipatkan bagian kotor ke dalam sehingga bagian bersih tampak kembali untuk dilanjutkan pemakaiannya.
  6. Bisa dipakai berulang-kali hingga seluruh permukaan Surface Smoother menjadi kotor.

* Harap menggunakan produk ini sebelum pengaplikasian wax atau coating.

Cara Mengkilapkan Cat Mobil “Fusso Coat Mirror Shine Dark Color”

Kegunaan : Dengan kemurnian Fluorin yang tinggi, dimana karakteristiknya memberikan efek daun talas dan menolak noda, bahkan memberikan efek semir menakjubkan dalam jangka waktu yang panjang.

Keistimewaan :

  1. Fluorine Coating and Glossy shine.

Dengan kemurnian Fluorin yang tinggi, dimana karakteristiknya memberikan efek daun talas dan menolak noda, bahkan memberikan efek semir menakjubkan dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Tidak perlu dilap setelah penggunaan.

Setelah Anda mengaplikasikan cairan coating dengan kain mikro fiber yang tersedia, Anda bisa mendapatkan hasil cermin yang bersinar di mobil Anda.

  1. Lapisan coating ini dapat bertahan hingga 9 bulan

Lapisan Coating tidak hanya menolak air tetapi juga minyak, dan menjaga keindahan badan kendaraan selama 9 bulan.

  1. Lapisan coating dapat melindungi.

Dengan melapiskan, mengembalikan lapisan yang rusak dan membuat badan kendaraan lebih bersinar.

  1. Tidak mengandung solvent dan compound.

Tidak abrasif, jadi tidak berbahaya untuk kulit dan permukaan cat.

Cara pemakaian :

  1. Cuci dan bersihkan kendaraan anda dari kotoran, kemudian keringkan sisa air pada permukaan badan kendaraan.
  2. Pastikan terlebih dahulu sifat adaptasinya terhadap warna cat kendaraan anda sebelum pemakaian.
  3. Kocok botol baik dan dituangkan cairan pada kain yang disertakan.
  4. Usapkan perlahan hingga merata pada badan kendaraan anda.

Demikianlah cara mengkilapkan cat mobil yang telah kami rangkum untuk anda, semoga bermanfaat. WA Order 0813 1066 1096 “Cara mengkilapkan cat mobil” secara cepat dan efektif.