Cara membersihkan AC mobil dengan mudah dan aman menggunakan Performance AC Cleaner

Cara membersihkan AC mobil dengan mudah dan aman menggunakan Performance AC Cleaner

Air conditioner (AC) jadi salah satu fitur utama dalam mobil untuk menunjang kenyamanan berkendara. AC berguna untuk menstabilkan kondisi udara dalam kabin mobil agar tetap sejuk dan bersih. Tentunya semua pengendara ingin agar AC dalam mobilnya selalu berfungsi dengan normal. Lantas bagaimana caranya menjaga  kondisi AC agar tidak mudah bermasalah?

Pasalnya, interior mobil yang kotor akan mempengaruhi kondisi AC. Terutama pada komponen filter dan evaporator yang berfungsi menyerap suhu panas di udara dalam kabin mobil. “Misal karpet mobil kotor penuh debu. Itu saat terinjak, debu akan berterbangan. Saat AC dinyalakan, otomatis debu ikut tersedot dan nantinya mengotori filter dan evaporator,

Efek jika evaporator kotor adalah sirkulasi udara akan terhambat, embusan angin melemah, dan kinerja AC jadi terganggu. Bukan hanya debu, pangharum ruangan yang tidak sesuai standar pun dapat merusak komponen AC mobil. Maka dari itu pilihlah parfum mobil yang memang diproduksi khusus digunakan untuk mobil. Selain itu, sangat disarankan untuk tidak merokok di dalam mobil dengan kondisi AC menyala. Partikel dalam asap rokok yang tersedot juga dapat mengotori komponen AC. Maka dari itu, umumnya pada bengkel AC mobil resmi tidak hanya melayani perawatan dan perbaikan AC mobil. Namun juga melayani perawatan kabin mobil agar tetap bersih. Untuk evaporator sendiri, idealnya memang rutin untuk dibersihkan minimal satu tahun sekali atau tiap 20.000 km.

Salah satu produk pembersih AC mobil yang terkenal dalam membasmi bakteri, menghilangkan bau, melenyapkan kotoran dan mengharumkan ruang kabin mobil adalah Performance AC Cleaner dari Auto One Mechanica (AM-09AC).

Cara membersihkan AC mobil dengan mudah dan aman (Performance AC Cleaner)

Cara Pemakaian Performance AC Cleaner dari Auto One Mechanica (AM-09AC) :

  1. Hidupkan mesin, buka jendela.
  2. Atur posisi AC off & kipas ke tingkat maksimal dan arahkan ke depan.
  3. Periksa posisi kisi-kisi AC di dalam mobil ( beda mobil, beda posisi ), lepaskan penutupnya dan keluarkan filter AC untuk memudahkan penyemprotan.
  4. Masukan ujung selang ke tombol katup, gunakan jari tangan untuk melindungi tombol katup supaya cairan tidak keluar.
  5. Kocok botol sebelum di gunakan masukan ujung selang ke dalam kisi-kisi AC sedalam mungkin, putar tombol katup searah jarum jam ( kanan ) sampai busa pembersih habis, putar tombol ke kiri untuk menghentikan penyemprotan. Disarankan satu botol habis digunakan untuk satu mobil.
  6. Selesai penyemprotan, pada kisi-kisi AC bagian luar mobil akan akan keluar busa ( beberapa jenis mobil ) gunakan kain penutup. Pada jenis mobil lain tidak keluar busa, tapi hal ini tidak jadi masalah.
  7. Biarkan mesin tetap menyala selama 10-15 menit dengan posisi sama, lalu matikan mesin. Air kotor bekas AC akan keluar melalui pipa AC di bawah mobil.

Demikian Cara membersihkan AC mobil dengan mudah dan aman (Performance AC Cleaner)

Ingin tanyakan ttg hal ini ?
Call / WA +62 812-1256-6220